Sabtu, 07 April 2012

Tehnik Relaksasi Saat Persalinan

PDFPrintE-mail
Share25
Tujuan Teknik Relaksasi.
Relaksasi tidak hanya kegiatan pasif, tapi sebuah kegiatan yang secara sadar dan aktif merilis ketegangan. Melakukan teknik relaksasi fisik yang melepaskan/ merilekskan otot-otot membantu untuk mengurangi ketegangan fisik, mengurangi rasa sakit. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa aman dan kesejahteraan emosional, yang akhirnya akan mengurangi kecemasan, yang mengurangi kepekaan kita terhadap rasa sakit.
Kapan Gunakan Teknik Relaksasi.
Selama persalinan awal, sangat ampuh untuk menjaga Anda tetap santai. Ini adalah saat yang tepat untuk mulai secara sadar untuk merilakskan tubuh Anda.  Pendamping Anda dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi ketegangan awal sehingga Anda dapat melepaskan dan bukannya bertambah tegang. Dan Teknik ini dapat digunakan di seluruh proses persalinan.
Tegangkan, Tahan dan Lepaskan.
Mulai dari jari kaki, dan naik ke kepala Anda, setiap otot di seluruh Anda tegangkan dahulu kemudian lepaskan ketegangan tersebut, Hal ini memungkinkan Anda untuk merasakan ketegangan, dan merasa lega ketika Anda melepaskan ketegangan tersebut. Mulailah dengan menghirup, lalu menahan nafas sambil mengencangkan/menegangkan seluruh otot- otot, kemudian bersantai/ rilekskan  sambil mengeluarkan nafas.
Passive Relaxation/ Relaksasi Pasif. Fokus perhatian pada jari-jari kaki dan kaki. Biarkan rileks. Pikirkan bagaimana hangat dan santainya jari dan kaki Anda. Fokuskan perhatian pada pergelangan kaki dan betis, pikirkan bagaimana longgar dan nyamannya mereka, dan seterusnya, sampai dengan kepala Anda, santai dan melepaskan ketegangan. Lakukan pernafasan perut saat melakukan tehnik relaksasi ini.
Periksa Seluruh Tubuh Anda. Tarik napas dalam, fokuskan perhatian Anda pada otot. Tarik Nafas lalu lepaskan semua ketegangan pada otot sambil hembuskan nafas. Tarik napas dalam, mulai perhatikan untuk otot lain. Buang napas dan rileks. (Dapat dilakukan dengan pasangan Anda untuk memandu Anda agar fokus pada napas berikutnya.) metode Relaksasi ini  baik digunakan antara kontraksi.
Sentuhan Relaksasi. Selama persalinan, ini luar biasa jika pasangan Anda bisa melihat di mana Anda merasakan ketegangan (misalnya rahang, mata, tangan, atau bahu) dan menyentuh bagian yang tegang lalu memotivasi Anda untuk rileks bagian yang tegang tersebut: ia hanya bisa meletakkan tangan di sana, lalu menekannya dengan  ringan, atau melakukan pijatan yang ringan. Hal ini paling efektif jika Anda telah berlatih sejak masa kehamilan.
Berlatih Teknik Relaksasi dan Teknik Pernapasan sebelum Persalinan di mulai
Ketika berlatih teknik ini beberapa kali, buat lingkungan Anda sekondusif mungkin: lampu redup, musik lembut, tidak ada gangguan. Ketika Anda menjadi lebih terbiasa dengan teknik ini, maka Anda mampu mencapai keadaan santai dengan mudah, coba latih dalam berbagai posisi yang berbeda, dan Anda bisa melakukan latihan ini secara aktif sambil melakukan kegiatan lainnya (misalnya mengemudi, memasak, berbicara di telepon) dan ketika merasa tertekan. Teknik ini bermanfaat tidak hanya selama persalinan, tetapi dalam semua kehidupan.
Untuk membantu diri Anda mengingat untuk mempraktekkan teknik ini, berikan waktu yang pasti. Misalnya Ketika terbangun di pagi hari, lakukan relaksasi pasif. Ketika pasangan Anda mengalami hari yang berat, gunakan relaksasi sentuh. Dan seterusnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar